Cari Blog Ini

Pengikut

Laman

Jumat, 28 Desember 2007

Peralihan Tahun

Oleh : Robert Nio

29-Des-2007, 14:09:37 WIB - [www.kabarindonesia .com]

KabarIndonesia - Namun ngomong-ngomong sebenarnya mengapa sih pergantian tahun dirayaan demikian meriahnya? Mungkin pertanyaan yang sama muncul juga di benak sebagian para pembaca. Ya,...kalau kita lihat, sebenarnya sih tidak ada perbedaan malam tersebut dengan malam-malam sebelumnya. Waktu berjalan seperti biasa, hanya tingkah orang lah yang membuat malam tahun baru menjadi lain. Tahun baru dirayakan orang dan menjadi istimewa karena punya arti tersendiri yang mungkin berbeda-beda bagi setiap orangnya.

Menyambut tahun baru adalah salah satu kebiasaan tertua dan termeriah yang dirayakan di seluruh dunia. Perayaan tahun baru ini dilaksanakan dengan cara yang berbera-beda , dan tidak jarang pula dilakukan pada hari-hari yang berbeda pula di banyak negara. Kebanyakan negara kristen merayakan pada tanggal 1 Januari, yang dimulai sejak abad 16.

Pada awalnya kalender Romawi kuno menggunakan tanggal satu Maret sebagai Hari Tahun Baru, tetapi akhirnya, dirubah menjadi tanggal satu Januari sebagai awal tahun yang baru. Pada Abad Pertengahan, kebanyakan negara-negara Eropa menggunakan tanggal 25 Maret, hari raya umat Kristen yang disebut Hari Kenaikan Tuhan, sebagai awal tahun yang baru. Hingga tahun 1600, kebanyakan negara-negara Barat telah menggunakan sistem penanggalan yang telah direvisi, yang disebut kalender Gregorian.

Kalender atau penanggalan umum international yang kita pakai sekarang merupakan penanggalan yang dibuat oleh Yulius Caesar tahun 46 SM. Yulius Caesar menentukan penanggalan ini berdasarkan peredaran matahari, dimana satu tahun terdiri atas 365 hari dan sekali dalam setiap empat tahun dikenal tahun kabisat. Penanggalan ini dikenal sebagai penanggalan tahun masehi (kalender umum).

Tuhan Yesus dilahirkan tepatnya pada tahun 754 tahun Rumawi. Tahun kelahirannya Tuhan Yesus tsb dijadikan patokan dan juga digunakan sebagai awalnya dari tahun penanggalan yang kita pakai sekarang ini.
Kalender Tahun Masehi atau lebih dikenal sebagai "Anno Domini" yang artinya "Tahun Tuhan kita" ini dibuat oleh seorang biarawan yang bernama Dionysius Exignus.

Kalender yang hingga kini digunakan itu menggunakan satu Januari kembali sebagai Hari Tahun Baru. Inggris dan koloni-koloninya di Amerika Serikat ikut menggunakan sistem penanggalan tersebut pada tahun 1752. Kebanyakan orang memperingati tahun baru pada tanggal yang ditentukan oleh agama mereka.

Bagi bangsa Yunani, tanggal satu Januari adalah tanggal yang sangat penting karena selain merupakan hari pertama dari tahun yang baru, tanggal tersebut juga merupakan St.Basils Day atau hari Santo Basil. Saint Basil atau Santo Basil adalah salah satu pendiri gereja Orthodox Yunani. Ia sangat terkenal dengan kemurahan hati dan kebaikannya terhadap kaum miskin. St.Basil meninggal pada 1 Januari, sehingga tanggal tersebut dipilih untuk menghormatinya.

Hari Tahun Baru Yahudi disebut "Rosh Hashanah", pada kalender Yahudi jatuh antara akhir bulan September dan awal bulan Oktober. Kebaktian agama diselenggarakan di seluruh dunia, yang diikuti dengan berkumpulnya seluruh keluarga sambil makan bersama.

Tahun baru bagi umat Hindu jatuh pada hari yang berbeda untuk masing-masing kelompok. Baisakhi, salah satu tahun baru Hindu, jatuh di bulan April atau Mei. Kaum Islam merayakan permulaan tahun baru pada tanggal 10 Muharam, bulan pertama pada tahun Islam, yang didahului dengan bulan puasa , dan diakhiri pada hari raya Idulfitri.

Sedangkan penanggalan China dihitung dari tahun kelahiran Nabi Khongcu. Kaisar Han Bu Tee (140-86 SM) dari Dinasti Han (206 SM-220) menetapkan agama Khonghucu sebagai agama negara, dan penanggalan yang dianjurkan oleh Nabi Khongcu, yaitu He Lek resmi dipakai semua orang, baik masyarakat maupun pemerintahan dan tahun pertamanya dihitung dari tahun kelahiran Nabi Khongcu, yaitu tahun 551 SM, dengan demikian penanggalan Imlek dan penanggalan masehi berselisih 551 tahun. Tahun baru Imlek untuk tahun ini jatuh pada tanggal 7 Februari 2008. Tahun ini akan memasuki Tahun Tikus.

Iran memperingati tahun baru setiap tanggal 21 Maret. Pada hari Rabu sebelum tahun baru tiba, setiap keluarga membuat api unggun kecil di depan rumah. Jika mampu melompati api unggun tersebut, itu suatu pertanda akan datangnya keberuntungan di tahun akan datang.

Sedangkan Orang Mesir, memperingati tahun baru di pertengahan bulan Juni, ketika sungai Nil membanjiri tepi sungai, mengairi tanaman yang kekeringan. Peristiwa ini menandai tersedianya banyak makanan untuk tahun berikut, sehingga dijadikan peringatan tahun baru.

Apakah Anda tahu, bahwa umat Katolik juga punya kalender tersendiri? Gereja Katolik mengenal adanya tahun liturgi. Melalui tahun liturgi ini Gereja ingin mengenangkan misteri karya keselamatan Allah dalam Kristus dalam rangka perjalanan peredaran lingkaran tahun. Tahun liturgi berawal pada hari Minggu Adven I (akhir November - awal Desember) dan berakhir pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam (akhir November).

Itulah sedikit mengenai serba-serbi Tahun Baru yang saya akhiri dengan ucapan:
"Selamat Tahun Baru 2008"

Globalisasi, Liberalisasi, Proteksi, Subsidi & Berkeley Mafia

Globalisasi, Liberalisasi, Proteksi, Subsidi dan Berkeley Mafia
Kamis, 27 Desember 07

Ada tiga buah berita menarik yang mungkin merupakan pertanda akan terjadinya perubahan dalam kebijakan-kebijakan dasar banyak negara kecuali Indonesia.

HILLARY CLINTON

Yang pertama pernyataan calon presiden Amerika Serikat (AS) terkuat Hillary Clinton yang dikutip oleh Financial Times tanggal 3 Desember 2007. Butir-butirnya sebagai berikut.

Saya berpendapat bahwa teori-teori yang melandasi perdagangan bebas tidak berlaku lagi dalam era globalisasi. Saya setuju dengan ekonom terkenal Paul Samuelson yang mengatakan dan menulis bahwa keunggulan komparatif seperti yang sampai sekarang dipahami dan diyakini tidak berlaku lagi dalam abad ke 21.

Saya menginginkan adanya kebijakan perdagangan yang menyeluruh dan lebih cermat, karena kalau tidak, pilihan kita hanyalah meneruskan apa saja yang telah dirumuskan dan dilakukan oleh Preiden George W Bush. (baca: liberalisasi total).

Dalam kampanyenya Hillary merasakan adanya sikap dari masyarakat yang tidak percaya atau ragu-ragu tentang manfaat dari ekonomi global yang terbuka.

Hillary menyatakan akan meninjau kembali perjanjian perdagangan NAFTA, walaupun yang menandatanganinya di tahun 1993 adalah suaminya sendiri.

Menyatakan keprihatinannya dan sikap siaga terhadap pembelian perusahaan-perusahaan Amerika oleh pemerintah asing melalui BUMN-nya, termasuk China. Fenomena ini merupakan ancaman bagi kedaulatan ekonomi AS.

Di dalam negeri, Hillary akan menangani ketimpangan yang menurutnya luar biasa besarnya, karena sudah mencapai “the highest level” yang pernah dialami AS sejak tahun 1929. Dalam kurun waktu tersebut seluruh pertumbuhan ekonomi dinikmati oleh 10 rakyat yang berpendapatan tinggi, sedangkan pendapatan yang 90% lainnya menurun terus.

(KKG: Bandingkan sikap Hillary dengan pendirian dan sikap serta kebijakan konkret dari menteri-menteri ekonomi kita).

MAJALAH THE ECONOMIST

Majalah prestisius The Economist terbitan tanggal 8 Desember 2007 meluncurkan cover story dengan judul “The end of cheap food”. Butir-butirnya sebagai berikut.

Antara 1974 – 2005 harga riil makanan di pasar dunia turun dengan 75%. Karena itu harga makanan tahun ini dirasakan sebagai sangat luar biasa tingginya. Sejak musim semi, harga gandum meningkat dua kali lipat, dan harga semua jenis makanan seperti jagung, susu, minyak nabati semuanya meningkat tajam dalam harga nominalnya. Menurut The Economist Food Price Index, sejak tahun 2005 harga riil makanan meningkat dengan 75%. Naiknya harga ini akan memicu investasi, tetapi dalam kondisi yang istilahkan “agflation”, harga makanan masih akan tetap mahal. Ini disebabkan karena susunan diet juga berubah. Penduduk China yang di tahun 1985 makan daging sebanyak rata-rata 20 kg, sekarang menjadi 50 kg. Akibatnya, permintaan dan harga biji-bijian naik tajam. Untuk memproduksi 1 kg. daging dibutuhkan 8 kg. biji-bijian.

Kenaikan harga makanan yang tajam ini karena kebijakan subsidi oleh pemerintah AS yang membabi buta (reckless) untuk produksi ethanol berdasarkan jagung. Mengisi tangki sebuah mobil tipe SUV sama dengan jagung yang dimakan oleh seorang selama satu tahun. 30 juta ton jagung yang dikonversi menjadi ethanol tahun ini saja merupakan 50 % dari menurunnya stok jagung di seluruh dunia.

(KKG : Ternyata pemerintah AS memberikan subsidi yang menurut majalah Economist reckless. Bagaimana sikap para sarjana ekonomi kelompok Berkeley Mafia yang begitu anti subsidi untuk para petani dan nelayannya?)

Walaupun harga makanan ditentukan oleh permintaan dan penawaran, keseimbangan antara yang baik dan yang jahat tetap banyak tergantung pada kebijakan pemerintah. Kalau para politisi tidak melakukan apa-apa, atau melakukan hal-hal yang salah, dunia akan mengalami kesengsaraan yang lebih hebat, terutama mereka yang tinggal di perdesaan.

(KKG : Menurut Berkeley Mafia : The best government is the least government. Mereka juga sering guyonan dengan maksud serius yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi paling cepat di malam hari, ketika pemerintah sedang tidur).

Menurut majalah The Economist, peran politik para politisi sangat penting dalam merumuskan kebijakan ekonomi. Para ekonom Berkeley Mafia beranggapan dan bangga bahwa mereka selalu berhasil mensterilkan kebijakan-kebijakannya dari ideologi politik. Mereka tidak mau disebut “politisi” walaupun dalam arti “negarawan penyelenggara negara”. Mereka bangga disebut “tukang” atau “teknokrat”. Dan yang sangat aneh, Bapak SBY-JK bangga mempunyai menteri-menteri ekonomi yang sama sekali tidak mempunyai afiliasi politik, karena sikapnya yang anti politik dalam kebijakan ekonomi itu dipuji oleh IMF, Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia. Padahal SBY-JK berasal dan menjadi pimpinan nasional karena kekuatan politik.)

Apapun yang dirasakan sebagai ancaman dalam bidang keamanan pasokan makanan, kemiskinan di perdesaan, pengelolaan lingkungan, rasanya dunia hanya mempunyai satu solusi, yaitu intervensi oleh pemerintah.

(KKG : Bapak SBY-JK, ini berlawanan dengan pikiran menteri-menteri ekonomi yang mempunyai paham bahwa tidak ada barang dan jasa publik di Indonesia. Semuanya harus merupakan barang dagangan yang pengadaannya tergantung dari para pengusaha yang mau atau tidak maunya berinvestasi didasarkan atas pertimbangan untung rugi. Tengok kebijakannya dalam pembangunan jalan raya bebas hambatan, telekomunikasi, infra struktur, air minum, litsrik, pelabuhan dan masih banyak lagi).

Bagian terbesar dari subsidi dan rintangan perdagangan oleh pemerintah AS telah merupakan biaya yang raksasa skalanya. Trilyunan dollar yang dipakai untuk mendukung para petani di negara-negara kaya menjurus pada pajak yang meningkat, kwalitas makanan yang jelek, monokultur dalam pertanian yang intensif, kelebihan produksi dengan harga dunia yang menghancurkan kehidupan para petani miskin di emerging markets.

(KKG: Ternyata mereka memberikan subsidi gila-gilaan? Menteri-menteri kita merasa bahwa bensin milik rakyat tidak boleh dijual kepada rakyat dengan harga yang lebih rendah dari yang ditentukan oleh NYMEX. Perbedaannya disebut subsidi yang diharamkan. Di negara-negara kaya subsidi diberikan secara reckless.)

Tiga perempat dari orang miskin di dunia hidup di perdesaan. Harga makanan internasional yang ditekan serendah mungkin dengan subsidi bertrilyun dolar selama berpuluh-puluh tahun mempunyai dampak yang sangat merusak. Bagian dari pengeluaran publik di negara-negara berkembang yang dialokasikan pada sektor pertanian turun 50% sejak tahun 1980. Sudah lama investasi dalam irigasi hampir tidak ada. Negara-negara miskin yang biasanya mengekspor makanan sekarang harus mengimpornya.

ROBERT J. SAMUELSON

Majalah Newsweek terbitan 31 Desember – 7 Januari 2008 memuat tulisan kolumnis Robert J. Samuelson yang berjudul “Goodbye to Global Free Trade”. Dia mengawali tulisannya dengan semacam teka-teki. Dia bertanya, apa yang sama dari yang berikut ini: (a) Vladimir Putin; (b) mata uang China, renminbi; (c) Perjanjian perdagangan US-Peru; (d) Hugo Chavez. Jawabnya : Mereka semuanya merefleksikan mercantilisme.

Butir-butir dari tulisannya sebagai berikut.

Yang di atas menggambarkan perkembangan runyam dan signifikan yang akan mempengaruhi ekonomi dunia. Walaupun perekonomian negara-negara di dunia saling interdependen, mereka sekaligus juga berkembang ke arah nasionalistik. Mereka memberlakukan kebijakan yang menguntungkan dirinya sendiri atas biaya bangsa-bangsa lain.

(KKG : Tidak begitu di Indonesia. Di sini, oleh elit bangsa yang berkuasa nasionalisme dianggap sudah kuno, keblinger dan buta terhadap perkembangan dunia).

25% dari pasokan gas Eropa datang dari Russia. Vladimir Putin sudah mulai berbicara tentang pembentukan Kartel Gas. Eropa mulai khawatir bahwa gas akan dijadikan alat penekan oleh Putin. Chavez lebih terang-terangan dan kasar. Chavez menjual minyaknya kepada Cuba dan negara-negara Amerika Latin lainnya yang dianggap sebagai sahabat dengan harga murah.

(KKG : Indonesia menjual kepada rakyatnya sendiri yang memiliki minyak dengan harga yang ditentukan oleh NYMEX).

Terjadi sebuah paradox. Internet dan perusahaan-perusahaan multinasional memperkuat globalisasi, tetapi landasan politiknya melemah.

Dalam memberikan penjelasannya, Samuelson mengutip ilmuwan ilmu politik dari Harvard University, Jeffrey Frieden. Frieden menjelaskan bahwa munculnya liberalisasi bersamaan dengan krisis tahun 1929. Waktu itu ada kepercayaan bahwa proteksionisme memperparah the Great Depression (1929). Faktor kedua adalah perang dingin. Ada keyakinan bahwa komunisme dapat dilawan dengan saling mensejahterakan negara-negara Barat melalui perdagangan bebas. Kedua-duanya menunjang kebijakan perdagangan bebas. Sekarang kedua faktor tersebut tidak relevan lagi.

Ekonomi dunia yang sedang dalam kondisi booming ternyata juga membuat paham liberalisme melemah. China yang dianggap sebagai negara yang proteksionis dapat membungkam negara-negara Barat dengan pembelian besar-besaran. Negara-negara Barat tidak terlampau nyaring suaranya melawan China, karena disodori oleh China dengan order-order raksasa. Belum lama ini China memesan 160 pesawat Airbus senilai US$15milyar.

(KKG : Beberapa hari setelah Morgan Stanely mengumumkan kerugiannya di tahun 2007 sekitar US$ 11 milyar, China membeli saham-saham Morgan Stanley sebanyak 8 % dengan harga US$ 5 milyar. Ini terjadi setelah Hillary Clinton menyatakan kejengkelannya terhadap pembelian perusahaan Amerika oleh BUMN asing).

(KKG : Alangkah bedanya dengan menteri-menteri Berkeley Mafia kita yang mengemis supaya investor asing, tanpa peduli apakah mereka BUMN atau tidak, membeli apa saja di Indonesia, termasuk yang vital seperti Indosat, Telkom, infra struktur, pembangkit listrik, air bersih, menggali mineral dengan kontrak yang tidak transparan).

Di Amerika Serikat, pola perdagangan global dewasa ini disikapi dengan permusuhan(hostility) yang meningkat.

BERKELEY MAFIA

Buat para ekonom Berkeley Mafia, semua yang ditulis di atas omong kosong. Kebijakan mereka hanya mengejar pertumbuhan ekonomi tanpa peduli terjadinya ketimpangan yang semakin besar dan semakin anti kemanusiaan antara yang kaya dan miskin, antara perkotaan dan perdesaan, antara usaha besar dan menengah-kecil dan sebagainya.

Mereka juga tidak membedakan antara Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Nasional Bruto (PNB). Mineral yang dikeduk oleh investor asing dan menjadi miliknya dihitung ke dalam PDB, tetapi tidak ke dalam PNB. Yang dibanggakan oleh para teknokrat Berkeley Mafia bukan pembangunan oleh bangsa Indonesia, tetapi pembangunan di Indonesia oleh investor asing dengan manfaat terbesar buat bangsa asing (Sri-Edi Swasono).

Sejak tahun 1967 para ekonom memegang tampuk pimpinan kebijakan ekonomi tanpa putus kecuali era Gus Dur yang sangat pendek itu. Begitu kepresidenan jatuh ke tangan putrinya Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, seluruh kekuasaan ekonomi diberikan kepada Berkeley Mafia. Sehari sebelum susunan kabinet diumumkan, putra kandung Bung Karno, Guruh Soekarnoputra bersama-sama dengan saya berdebat dengan Presiden Megawati yang mempertanyakan mengapa para ekonom yang Berkeley Mafia, dan jelas bertentangan dengan pikiran-pikirannya Bung Karno dan pikiran-pikirannya PDIP yang justru diberi kekuasaan ekonomi ? “Gugatan” ini tidak diugbris. Di bawah pimpinan para menteri Berkeley Mafia, semua kebijakan ekonominya memang mengekor IMF, Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia yang anti rakyat kecil. Apakah ini yang menyebabkan terpuruknya perolehan suara PDIP yang belakangan ini diakui oleh Taufik Kiemas dan Puan Maharani?

Semua kerusakan keuangan negara dari BLBI beserta rentetannya yang membuat keuangan negara bangkrut dilandasi oleh kebijakan-kebijakan menteri-menteri yang berasal dari Berkeley Mafia. Kalau ada kebutuhan dan diizinkan oleh Redaksi KoranInternet saya akan memaparkannya secara panjang lebar dalam bentuk serial, dan secara teknis yang mendetil.

Sekarang, ketika tokoh-tokoh dunia mulai tidak percaya pada pengaruh positif globalisasi dan liberalisasi, dan sedang mencari-cari jalan lain, Berkeley Mafia masih menganggap liberalisasi yang sejauh-jauhnya dan yang sedalam-dalamnya sebagai “agama”. Demikian juga dengan mekanisme pasar primitif dengan campur tangan pemerintah yang palig minimal.

Ruud Lubbers, guru besar di Harvard University dalam bidang Globalisasi telah lama mengenali kelemahan mendasar dari globalisasi. Pada dasarnya globalisasi adalah mekanisme pasar yang diterapkan di seluruh dunia. Kita mengetahui bahwa mekanisme pasar memang sangat bagus dan efisien serta tidak ada tandingannya. Tetapi harus ada pemerintah dengan kekuasaan yang dapat memaksa untuk membuat rambu-rambu yang menjaga agar pemerataan dan keadilan terwujud secara optimal.

Dunia belum dan rasanya tidak akan mempunyai satu pemerintah yang mempunyai kekuasaan memaksa seluruh umat manusia di dunia. Tetapi mekanisme pasarnya harus diberlakukan secara mutlak di seluruh dunia. Mana mungkin ? Tampaknya ketegangan-ketegangannya mulai muncul sekarang seperti yang disuarakan oleh Hillary Clinton, Paul Samuelson, Robert Samuelson dan majalah The Economist.

Sekali lagi petanyaan kepada Bapak SBY-JK : Masih percayakah Bapak-Bapak pada menteri-menteri ekonomi Bapak bahwa mereka memang cemerlang dalam bidang pengurusan ekonomi negara? Mereka ini mesti menguasai kebijakan ekonomi RI, siapapun Presidennya. Maka mereka tidak peduli dan tidak mau tau tentang arah kebijakan yang pro bangsa sendiri, apalagi pro rakyat banyak. Mereka mempunyai track record yang panjang dengan sikap dan perilaku yang hanya mengekor saja pada IMF, Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia.
___________

Kwik Kian Gie

Lean Supply Chain Management

Lean Supply Chain Management

Oleh: Vincent Gaspersz

Lean supply chain bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan pemborosan (waste) atau aktivitas-aktivitas tidak bernilai tambah sepanjang total supply chain flow dan terhadap produk yang bergerak sepanjang rantai nilai dari supply chain itu.

Prinsip-prinsip lean yang diterapkan dalam supply chain management adalah mencakup lima aspek berikut:
(1) Menetapkan keterkaitan dan aliran dalam jaringan pemasok (supplier network),
(2) menghilangkan atau mereduksi ongkos-ongkos transaksi,
(3) menggunakan komunikasi visual,
(4) menerapkan metode-metode kerja standar, dan
(5) menurunkan atau mengurangi procurement lead time dan waktu tunggu inventori.

Manfaat dari penerapan lean supply chain management yang dilaporkan oleh berbagai perusahaan, adalah:

*) Reduksi biaya total sekitar 20% - 50%
*) Reduksi waktu tunggu sekitar 50% - 90%
*) Reduksi cost of poor quality (COPQ) sekitar 60% atau lebih
*) Reduksi inventori sekitar 50% atau lebih
*) Reduksi penggunaan lantai pabrik dan gudang sekitar 30% - 70%
*) Reduksi overall cycle time sekitar 60% atau lebih.

Sumber: "Lean Supply Chain Management: An Executives Guide to Performance Improvement" by R. Michael Donovan, 2005.

Untuk mengembangkan lean supply chain, management harus memperhatikan berbagai hal berikut:

*) Memahami prinsip-prinsip lean sebagai suatu perjalanan (journey) bukan tujuan (destination), sehingga peningkatan terus-menerus dapat berlangsung dengan baik.

*) Memperoleh komitmen dari manajemen puncak, karena peningkatan terus-menerus membutuhkan dukungan terus-menerus.

*) Membangun multi-discipline team untuk menangani satu proyek terintegrasi agar memahami lean supply chain management. Termasuk memahami dampak pada organisasi dan kultur ketika mendesain dan menerapkan prinsip-prinsip lean dalam total supply chain process. Analisis risiko juga perlu dilakukan sebelum mendesain dan menerapkan lean supply chain.

*) Melakukan analisis terhadap total supply chain process secara keseluruhan, tidak hanya pada bagian-bagian tertentu saja atau secara parsial.

*) Memetakan proses-proses sepanjang total supply chain process, dan mengidentifikasi key waste sepanjang total supply chain itu.

*) Menghindari kanibalisasi proses, seperti hanya memfokuskan pada bagian-bagian tertentu saja, misalnya: hanya berfokus pada warehousing atau transportasi atau aspek lain secara parsial. Fokus perhatian dari lean supply chain seharusnya pada total supply chain process secara keseluruhan.

*) Mempelajari dan memahami dampak dari hubungan sebab-akibat dalam total supply chain process itu. Sebagai misal, ongkos transportasi yang tinggi, dapat menjadi masalah atau hanya gejala saja. Demikian pula inventori yang tinggi apakah merupakan masalah utama atau hanya gejala dari masalah dalam total supply chain process itu? Pendekatan problem solving yang mampu mengidentifikasi sampai pada akar penyebab dari masalah akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah dalam total supply chain process itu. Dengan kata lain kita harus menemukan akar penyebab, bukan sekedar gejala yang muncul ke permukaan sepanjang total supply chain process itu.

*) Selalu menanyakan kepada pelanggan atau proses berikut tentang bagaimana baiknya supply chain itu beroperasi, karena dalam lean supply chain memang diciptakan untuk atau berfokus pada pelanggan, karena sistem tarik (pull system) yang diterapkan tergantung atau dikendalikan oleh proses berikut.

*) Bekerjasama dengan pemasok (suppliers) tidak hanya dalam proses transaksi tetapi dalam membangun sistem yang apabila memungkinkan maka akan menerapkan prinsip-prinsip VMI (Vendor-managed inventory). Dalam konteks ini analisis atau evaluasi kinerja yang berkaitan dengan supplier performance akan menjadi titik kritis (critcal point) dalam implementasi lean supply chain. Ukuran-ukuran kinerja kunci yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan total cycle time, costs and inventory (dalam nilai uang dan unit), dan inventory turn-over.

*) Mengintegrasikan supply chain yang telah bebas waste. Hal ini dapat dilakukan melalui pemetaaan total supply chain prosess, mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah, dampak dan hubungan sebab-akibat yang ada dalam proses, merasionalisasi proses, memperbaiki proses yang ada melalui streamline the process untuk menghindari kompleksitas yang tidak perlu, termasuk menghilangkan unnecessary suppliers and service providers.

*) Menggunakan teknologi sebagai bagian dari total supply chain process improvement. Memahami di mana ERP standar dan software lainnya dapat berperan untuk mendukung lean supply chain management itu.

*) Membuat agar lean supply chain menjadi visible, dan harus mengakui bahwa blind spots dapat menjadi areas of waste.

*) Melibatkan change management dalam lean supply chain management itu.

KESIMPULAN
Lean supply chain management adalah bukan sekedar memperbaiki apa yang salah yang selama ini memang dikerjakan secara tidak benar, tetapi berkaitan dengan desain dan implementasi prinsip-prinsip lean ke dalam total supply chain process, dengan tujuan utama adalah menghilangkan pemborosan (waste) dan aktivitas-aktivitas tidak bernilai tambah. Peningkatan kinerja dari lean supply chain management harus mengacu kepada reduksi total cycle time, inventori, dan ongkos-ongkos sepanjang total supply chain process. Hal ini membutuhkan usaha peningkatan terus-menerus yang didukung oleh manajemen dan karyawan melalui penciptaan learning organization dan perubahan kultur yang mendukung pencapaian dari lean supply chain itu.

Kata-Kata Baru

Entri kata-kata terbaru yang masuk ke Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi 2007

Cerai: Bentuk kalimat masa depan (future tense) dari Menikah

Kuliah: Seni memindahkan informasi dari buku catatan dosen ke buku catatan mahasiswa tanpa melalui otak kedua belah pihak.

Konferensi: Kebingungan seseorang dikalikan dengan jumlah peserta.

Ruang Konferensi: Sebuah tempat di mana semua orang bicara, tidak
seorangpun mendengar, dan sesudahnya setiap orang bilang tidak setuju.

Komite: Individu-individu yang tidak bisa melakukan apa-apa secara
individu dan duduk untuk memutuskan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan
secara bersama-sama.

Kantor: Sebuah tempat di mana kamu bisa rileks setelah menjalani hidup
rumah tangga yang berat.

Menguap: Satu-satunya waktu dimana sebagian dari para suami bisa membuka mulutnya.

Kompromi: Seni membagi kue dengan cara tertentu sehingga tiap orang
percaya bagiannyalah yang paling besar.

Air mata: Tekanan hidrolis yang dengannya kekuatan tekad yang maskulin dikalahkan oleh kekuatan air yang feminin.

Klasik: sebuah buku yang dipuji orang-orang, tapi tidak dibaca.

Senyum: Sebuah garis melengkung yang bisa meluruskan banyak hal.

Dst.: Sebuah tanda yang membuat orang lain percaya kamu tahu lebih banyak daripada yang sebenarnya.

Pengalaman: Sebutan yang diberikan para pria untuk kesalahan-kesalahannya.

Bom Atom: Penemuan yang mengakhiri semua penemuan.

Diplomat: Seseorang yang mengatakan kepadamu "Go to hell!" dengan cara sedemikian memikatnya hingga kamu benar-benar merasa ingin ke sana.

Kriminal: Seseorang yang tidak beda sama sekali dengan semua orang,
kecuali bahwa dia tertangkap.

Boss: Seorang yang datang cepat ketika kamu terlambat, dan nongol siang ketika kamu datang lebih pagi.

Politisi: Seorang yang mengguncang-guncang genggaman tanganmu sebelum pemilihan dan mengguncang- guncang keyakinanmu sesudahnya.

Dokter: Seseorang yang membunuh sakitmu dengan pil, lalu membunuhmu dengan tagihan.

Derita Djie ....

Derita Djie.......
(dari Oh mama Oh Papa )

Sebut saja namaku Djie...

Dan aku masih ingat ketika seorang ibu mendandaniku sehingga tampak sangat cantik sekali...
Kisah sedihku ini dimulai ketika seorang dengan wajah seram datang ke tempatku dengan mulut bau minuman, dengan suara serak meminta dengan paksa supaya aku ikut dengannya.

Kulihat dia menyelipkan uang ke tangan ibu yang menjagaku sambil menyeringai memperlihatkan deretan gigi yang hitam2 menjijikkan. Tapi apa dayaku sehingga akupun terpaksa ikut dengannya meski entah apa yang terjadi pada diriku ini.

Aku memang lemah dan tak punya kekuatan untuk menolaknya. Dibawanya aku pergi sehingga tak seberapa lama kudengar dari kejauhan suara cekikikan wanita-wanita.
Semakin dekat dengan tempat itu, aku melihat ada 4 orang laki-laki ditemani wanita-wanitanya sambil minum - minum.
Ahhh minuman keras lagi? ...

Orang yang membawaku masuk dalam kumpulan orang-orang itu yang ternyata temannya, sambil memandangi diriku dengan penuh nafsu dan kelihatannya aku mau dimakan hidup - hidup. Tiba - tiba tangannya menyentuh diriku. Merabaku sehingga tak adalagi di seluruh tubuhku yang tidak dijamahnya, aku tak bisa berkata apa-apa.

Dan sekali lagi aku memang lemah serta tak punya kekuatan tuk menolak tingkah laku orang ini. Melihat apa yang dilakukannya pada diriku, ke-empat temannya ternyata tidak tinggal diam. Sambil teriak - teriak "aku mau, aku mau donk...!!!"

Akupun juga mengalami perlakuan yang paling menyedihkan, akhirnya secara bergiliran merekapun menjamahku dari ujung ke ujung dengan penuh kepuasan dan bukan itu saja yang mereka lakukan mereka mulai mengulum & menghisap ujung tubuhku. Tapi tetap saja aku tidak berontak karena aku lemah dan tak punya kekuatan untuk menolaknya.

Aku begitu lemah, sehingga perlakuan keji mendatangiku berkali-kali hanya demi sebuah kepuasan sesaat, hanya aku biarkan saja.
Dan itupun masih terjadi sampai saat ini.

Note : pada saat orang itu memaksaku pergi, dia memanggil nama lengkapku Djie Sam Soe isi 12 batang.

Serius amat bacanya? :-)

8 Langkah 7 Alat (DELTA)

Langkah-langkah Solusi Masalah Kualitas Yang Efektif

Oleh: Vincent Gaspersz

Delapan langkah dan Tujuh Alat dalam solusi masalah kualitas yang telah umum diketahui SANGAT BERMANFAAT bagi pemula yang terlibat dalam proses peningkatan kinerja kualitas maupun produktvitas perusahaan.

Delapan langkah itu adalah
Langkah 1. Mendefinisikan Masalah dan Menentukan Tema Perbaikan Kualitas
Langkah 2. Mencari Semua Penyebab yang Mungkin
Langkah 3. Menganalisis Akar Penyebab Masalah
Langkah 4. Merencanakan Tindakan Perbaikan
Langkah 5. Melaksanakan Perbaikan
Langkah 6. Mempelajari Hasil-hasil Perbaikan
Langkah 7. Menstandardisasikan Solusi dan Praktek-praktek Terbaik
Langkah 8. Membuat Laporan Akhir dan Menentukan Rencana Perbaikan Kualitas Berikutnya

Penjelasan singkat dari ke-8 langkah tersebut di atas, adalah sebagai berikut.

Langkah 1
Mendefinisikan Masalah dan Menentukan Tema Perbaikan Kualitas
Definisi Masalah
• Suatu masalah didefinisikan sebagai kesenjangan (gap) antara situasi sekarang dan target yang diinginkan!
• Dalam bidang kualitas, masalah adalah kesenjangan (gap) antara output dari proses sekarang dan kebutuhan pelanggan, baik pelanggan internal (proses berikut dalam SIPOC—Suppliers-Inputs-Processes—Outputs-Customers) maupun pelanggan eksternal (customer needs).

Tema Perbaikan Kualitas HARUS terkait langsung dengan masalah-masalah kualitas yang dihadapi dalam lingkungan kerja perusahaan masing-masing. Ketika mengidentifikasi dan memilih masalah, tim peningkatan kualitas (Quality Improvement Team) HARUS mengembangkan suatu pernyataan masalah yang dipahami secara jelas oleh semua anggota team itu.

Pernyataan Tema Perbaikan Kualitas HARUS menggunakan kata kerja:
Meningkatkan, Menurunkan, Menghilangkan, dll, serta HARUS memperhatikan prinsip SMART (Specific, Measureable, Achievable/Actionable, Result-oriented and Relevant to Corporate Goals, Timely or Time-bound).

Langkah 2
Mencari Semua Penyebab Yang Mungkin Tim peningkatan kualitas HARUS mengidentifikasi semua penyebab yang mungkin mengakibatkan masalah yang telah diidentifikasi dalam Langkah 1 di atas. Langkah 2 ini mencakup pengumpulan dan pengorganisasian data untuk mendokumentasikan penyebab-penyebab masalah.

Penyebab-penyebab masalah yang mungkin bersumber dari controllable factors (7M: Manpower, Methods, Materials, Machines, Mother Nature or Media (Working Environment), Motivation and Money) dan penyebab-penyebab yang dapat diperkirakan atau diprediksi (predictable causes) yang bersumber dari uncontrollable factors.
Suatu masalah yang terjadi SELALU bersumber dari elemen-elemen proses yang terdiri dari: 7M, yaitu:

1. Manpower (tenaga kerja)
Berkaitan dengan kekurangan dalam pengetahuan (tidak terlatih, tidak berpengalaman) , kekurangan dalam keterampilan dasar yang berkaitan dengan mental dan fisik, kelelahan, stress, ketidakpedulian, dll.

2. Machines (mesin-mesin) dan peralatan
Berkaitan dengan tidak ada sistem perawatan preventif terhadap mesin-mesin produksi, termasuk fasilitas dan peralatan lain, tidak sesuai dengan spesifikasi tugas, tidak dikalibrasi, terlalu complicated, terlalu panas, dll

3. Methods (metode kerja)
Berkaitan dengan tidak ada prosedur dan metode kerja yang benar, tidak jelas, tidak diketahui, tidak terstandardisasi, tidak cocok, dll.

4. Materials (bahan baku dan bahan penolong)
Berkaitan dengan ketiadaan spesifikasi kualitas dari bahan baku dan bahan penolong yang digunakan, ketidaksesuaian dengan spesifikasi kualitas bahan baku dan bahan penolong yang ditetapkan, ketiadaan penanganan yang efektif terhadap bahan baku dan bahan penolong itu, dll.

5. Mother Nature or Media
Berkaitan dengan tempat dan waktu kerja yang tidak memperhatikan aspek-aspek kebersihan, kesehatan dan keselamatan kerja, dan lingkungan kerja yang kondusif, kekurangan dalam lampu penerangan, ventilasi yang buruk, kebisingan yang berlebihan, dll.

6. Motivation (motivasi)
Berkaitan dengan ketiadaan sikap kerja yang benar dan profesional (tidak kreatif, bersikap reaktif, tidak mampu bekerjasama dalam tim, dll), yang dalam hal ini disebabkan oleh sistem balas jasa dan penghargaan yang tidak adil kepada tenaga kerja.

7. Money (keuangan)
Berkaitan dengan ketiadaan dukungan finasial (keuangan) yang mantap guna memperlancar proyek peningkatan kualitas yang akan diterapkan.

Langkah 3
Menganalisis Akar Penyebab Masalah Tanda pertama dari masalah adalah gejala(symptoms), bukan penyebab (causes). Oleh karena itu tim peningkatan kualitas perlu memahami apa yang disebut sebagai: gejala (symptoms), penyebab (causes), dan akar penyebab (root causes).

Bertanya mengapa beberapa kali menggunakan why-why diagram akan mengarahkan kita untuk sampai kepada akar penyebab masalah, sehingga tindakan yang sesuai pada akar penyebab masalah yang ditemukan itu akan menghilangkan masalah.

Akar-akar penyebab masalah yang ditemukan itu, kemudian dikelompokkan ke dalam faktor 7M (Manpower, Machines, Methods, Materials, Mother Nature or Media, Motivation, Money).

Langkah 4
Merencanakan Tindakan Perbaikan Rencana solusi masalah kualitas HARUS berfokus pada tindakan-tindakan untuk menghilangkan akar penyebab dari masalah yang berada dalam lingkup tanggung jawab departemen dalam organisasi (controllable causes), dan mengantisipasi penyebab-penyebab tidak terkendali tetapi dapat diprediksi sebelumnya (uncontrollable but predictable causes).

Langkah 5
Melaksanakan Perbaikan Melaksanakan perbaikan berarti implementasi tindakan korektif
permanen yang sangat membutuhkan komitmen manajemen dan karyawan serta partisipasi total untuk secara bersama-sama menghilangkan akar penyebab dari masalah kualitas yang telah teridentifikasi dalam langkah ketiga di atas. Pencatatan data kualitas juga harus dilakukan selama tahap implementasi ini serta harus mengidentifikasi penyebab apabila terjadi penyimpangan dalam tahap implementasi tindakan korektif permanen ini.

Langkah 6
Mempelajari Hasil-hasil Perbaikan Setelah implementasi proyek peningkatan kualitas selama jangka waktu tertentu oleh tim peningkatan kualitas, biasanya 3-6 bulan, perlu dilakukan studi dan evaluasi berdasarkan data yang dikumpulkan selama tahap pelaksanaan proyek peningkatan kualitas itu guna mengetahui apakah jenis masalah yang ada telah hilang atau berkurang, yang menunjukkan bahwa proyek peningkatan kualitas itu benar-benar efektif dan efisien!

Langkah 7
Menstandardisasikan Solusi dan Praktek-praktek Terbaik Hasil-hasil yang memuaskan dari tindakan korektif permanen atau solusi masalah melalui proyek peningkatan kualitas harus distandardisasikan, dan selanjutnya melakukan peningkatan terus-menerus pada jenis masalah yang lain mengikuti Delapan Langkah yang dikemukakan.
Standardisasi dimaksudkan untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Terdapat dua alasan melakukan standardisasi, yaitu:
1. Apabila tindakan perbaikan atau solusi masalah itu tidak distandardisasikan, maka terdapat kemungkinan setelah periode waktu tertentu manajemen dan karyawan akan kembali menggunakan cara-cara kerja lama sehingga memunculkan kembali masalah yang telah pernah diselesaikan itu.
2. Apabila tindakan perbaikan atau solusi masalah itu tidak distandardisasikan dan didokumentasikan, maka terdapat kemungkinan setelah periode waktu tertentu apabila terjadi pergantian manajemen dan karyawan akan menggunakan cara-cara kerja yang memunculkan kembali masalah yang telah pernah diselesaikan oleh tim peningkatan kualitas terdahulu itu.

Standardisasi sangat diperlukan sebagai tindakan pencegahan untuk memunculkan kembali masalah kualitas yang pernah ada dan telah diselesaikan. Hal ini sesuai dengan konsep pengendalian kualitas total modern (TQM) yang lebih berorientasi pada strategi pencegahan (strategy of prevention), bukan pada strategi pendeteksian (strategy of detection) saja. Pendokumentasian praktek-praktek kerja standar juga bermanfaat sebagai bahan dalam proses belajar terus-menerus, baik bagi karyawan baru maupun karyawan lama. Demikian pula dokumentasi tentang praktek-praktek standar dan solusi masalah yang pernah dilakukan akan merupakan sumber informasi yang berguna untuk mempelajari masalah-masalah kualitas di masa mendatang sehingga tindakan perbaikan yang efektif dapat dilakukan.

Keberhasilan penggunaan metode solusi masalah mengikuti Delapan Langkah akan ditandai dengan berkurang atau hilangnya penyebab masalah itu, yang kemudian akan muncul penyebab-penyebab lain dalam besaran yang lebih sedikit atau kecil. Tugas dari tim peningkatan kualitas, manajemen, dan karyawan adalah berpartisipasi secara total untuk melaksanakan perbaikan kualitas terus-menerus dalam proses bisnis dan industri masing-masing.

Langkah 8
Membuat Laporan Akhir dan Menentukan Rencana Perbaikan Kualitas Berikutnya Setiap tim peningkatan kualitas dalam organisasi HARUS menyerahkan laporan terdokumentasi pada akhir waktu dari proyek peningkatan kualitas itu. Selanjutnya terus-menerus memikirkan perbaikan kualitas berikutnya dan memulai lagi dari Langkah 1, yaitu: Mendefinisikan Masalah dan Menetapkan Tema Perbaikan Kualitas.

Ke-8 langkah yang dikemukakan di atas dapat diorganisasikan ke dalam siklus Deming (PDSA—Plan, Do, Study, Act) atau ke dalam siklus DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control) yang merupakan metodologi pendekatan solusi masalah dalam proyek-proyek Six Sigma.

Delapan Langkah dalam Siklus PDSA terdiri dari:

A. Plan (Merencanakan), yakni:
Langkah 1. Mendefinisikan Masalah dan Menentukan Tema Perbaikan Kualitas
Langkah 2. Mencari Semua Penyebab yang Mungkin
Langkah 3. Menganalisis Akar Penyebab Masalah
Langkah 4. Merencanakan Tindakan Perbaikan

B. Do (Melaksanakan), yakni:
Langkah 5. Melaksanakan Perbaikan Study (Mempelajari):
Langkah 6. Mempelajari Hasil-hasil Perbaikan

C. Act (Menindaklanjuti), yakni:
Langkah 7. Menstandardisasikan Solusi dan Praktek-praktek Terbaik
Langkah 8. Membuat Laporan Akhir dan Menentukan Rencana Perbaikan Kualitas Berikutnya

Delapan Langkah dalam Siklus PDSA di atas apabila dikaitkan dengan metodologi Six Sigma DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control), maka akan menjadi sebagai berikut:

DEFINE (D) — Mendefinisikan
Langkah 1. Mendefinisikan Masalah dan Menentukan Tema Perbaikan Kualitas

MEASURE (M) — Mengukur
Langkah 2. Verifikasi Pengukuran dan Mencari Semua Penyebab yang Mungkin

ANALYZE (A) — Menganalisis
Langkah 3. Menganalisis Akar Penyebab Masalah
Langkah 4. Merencanakan Tindakan Perbaikan

IMPROVE (I) — Meningkatkan
Langkah 5. Melaksanakan Perbaikan
Langkah 6. Mempelajari Hasil-hasil Perbaikan

CONTROL (C) — Mengendalikan
Langkah 7. Menstandardisasikan Solusi dan Praktek-praktek Terbaik
Langkah 8. Membuat Laporan Akhir dan Menentukan (Mendefinisikan)

Rencana Perbaikan Kualitas Berikutnya
Delapan Langkah yang dikemukakan di atas, baik dalam siklus Deming (PDSA) maupun siklus DMAIC (Pendekatan Six Sigma) membutuhkan alat-alat perbaikan kualitas sederhana, yang disebut sebagai tujuh alat, sehingga umum dikenal sebagai: Delapan Langkah Tujuh Alat (DELTA).

Tujuh Alat yang sering dipergunakan oleh Tim Peningkatan Kualitas adalah:
1. Lembar Periksa (Check Sheet)
2. Stratifikasi
3. Diagram Pareto
4. Why-why diagram dan Diagram Sebab-Akibat (Cause and Efeect Diagram) atau Diagram Tulang Ikan (Fish Bone Diagram)
5. Histogram
6. Diagram Tebar (Korelasi)
7. Peta-peta Kontrol (Control Charts)

Catatan Penutup:
*) Keberhasilan solusi masalah kualitas sekitar 80% ditentukan oleh Quality Leadership (Kepemimpinan Kualitas) dalam menerapkan Delapan langkah dan hanya 20% ditentukan oleh penggunaan alat-alat statistika (statistical tools).

*) Yang diperlukan dalam memahami implementasi statistika untuk solusi masalah kualitas adalah 80% berkaitan dengan Statistical Thinking (memahami bagaimana perilaku proses statistikal yang ditimbulkan oleh variasi penyebab khusus dan variasi penyebab umum) dan hanya 20% berkaitan dengan aplikasi Statistical Tools (penerapan alat-alat statistika yang sekarang ini analisisnya telah banyak menggunakan bantuan paket-paket software komputer).

Referensi: Vincent Gaspersz, TOPS—Team Oriented Problem Solving, Penerbit Gramedia Jakarta, 2007.

8 Kado Terindah

Delapan Kado Terindah Aneka kado ini tidak dijual di toko. Anda bisa menghadiahkannya setiap saat,dan tak perlu membeli! Meski begitu, delapan macam kado ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang Anda sayangi.

1. KEHADIRAN
Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat surat, telepon, foto atau faks. Namun dengan berada disampingnya. Anda dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagian.

2. MENDENGAR
Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab, kebanyakan orang Lebih suka didengarkan, ketimbang mendengarkan. Sudah lama diketehui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Anda dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya. Ini memudahkan Anda memberi tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya.

3. D I A M
Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai Untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya. Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya "ruang". Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur, mengkritik bahkan mengomeli.

4. KEBEBASAN
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, " Kau bebas berbuat semaumu." Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

5. KEINDAHAN
Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik ? Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado lho. Bahkan tak salah jika Anda mengkadokannya tiap hari ! Selain keindahan penampilan pribadi, Anda pun bisa menghadiahkan keindahan suasana dirumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yang tertata indah, misalnya.

6. TANGGAPAN POSITIF
Tanpa, sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat,berapa kali dalam seminggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi Anda. Ingat-ingat pula, pernahkah Anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf ), adalah kado cinta yang sering terlupakan.

7. KESEDIAAN MENGALAH
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai Menjadi cekcok yang hebat. Semestinya Anda pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan itu? Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap memberikan kado " kesediaan mengalah" Okelah, Anda mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut-larut ? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

8. SENYUMAN
Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputus asaan. pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?

sumber www:dudung.net

Tampaknya memang sangat mudah, apakah kita benar-benar bisa memberikannya untuk pasangan kita? gratis memang, tapi mungkin lebih gampang kita membelikan satu setel pakaian untuk pasangan kita daripada memberi yang gratis. Hanya orang-orang yang dewasa dalam mencintai yang mampu memberikan kado terindah untuk pasangannya…
Mudah-mudahan kita bisa menjadi orang yang dewasa dalam mencintai..
yang mampu mencintai dengan tulus kepada pasangan, tanpa tuntutan…

Definisi Ciuman Menurut Disiplin Ilmu

Ilmu Fisika
Ciuman adalah gaya tarik menarik antara dua mulut dengan jarak antara satu titik dengan titik yang lain sama dengan nol.

Ilmu Kimia
Ciuman adalah reaksi akibat interaksi dari senyawa yang dikeluarkan oleh dua hati.

Ilmu Mikrobiologi
Ciuman adalah pertukaran bakteri uniseksual di dalam air liur.

Ilmu Biologi
Ciuman adalah menyatunya dua otot orbicularis oris dalam keadaan kontraksi.

Ilmu Ekonomi
Ciuman adalah sesuatu di mana permintaan lebih besar daripada penawaran.

Ilmu StatistikCiuman adalah kejadian yang peluangnya bisa sangat tergantung dari angka statistik berikut: 36-24-36.

Ilmu Teknik
Ciuman adalah rekayasa penyatuan antara 2 buah lorong yang berkesinambungan

Ilmu Agama
Ciuman adalah perbuatan yang boleh dilakukan dengan melalui pernikahan

Ilmu Masakan
Ciuman adalah bentuk pujian dari suami terhadap istrinya karena pintar memasak

Ilmu Sumber Daya Manusia
Ciuman adalah SP-2 (Surat Peringatan Kedua) apabila dilakukan di ruang kerja dan ketahuan (kamu ketahuan...ciuman lagi...)

Ilmu NLP (Neuro Linguistic Programming)
Ciuman adalah sebuah kemampuan & kehebatan dalam melakukan "Rapport"

Ilmu Hypnotis & Hypnotherapy
Ciuman adalah kemampuan untuk membuat lawan berada dalam kondisi Theta dan menerima pesan kita (affirmative)

Ilmu Kesehatan
Ciuman adalah kekurangan vitamin yang harus diberikan dalam jangka waktu tertentu (Vitamin Cium)

Ilmu Dagang
Ciuman adalah kewajiban membayar Rp.25.000 dan apabila dilanjutkan dengan service lainnya akan bertambah menjadi minimal Rp. 300.000,-

Ilmu Hukum
Ciuman adalah hak asasi manusia dan apabila dilakukan dengan paksaan akan menjadi "BATAL DEMI HUKUM"

Ilmu Kepolisian
Ciuman adalah kesempatan untuk memasuki Hotel Prodeo apabila terjadi delik aduan dari korban

Ilmu Seks
Ciuman adalah...... kok cuman cium doang ....? Bodo amat sih........


Sumber - Internet bebas

Price List BBM Dunia

Price List BBM Dunia ...............

Rame2 pindah ke caracas?

Berikut terlampir Price List BBM di beberapa Negara di dunia, harga tersebut adalah setelah kenaikan dan sudah diperhitungkan dalam IDR/liter, Ternyata masih ada beberapa negara yg.
BBM-nya jauh lebih murah dari negeri kita lho.

* Amsterdam-Belanda : Rp.17.564
* Oslo-Norwegia : Rp. 16.995
* Milan-Italia : Rp. 16.155
* Kopenhagen-Denmark : Rp. 16.073
* Brussels-Belgia : Rp. 16.019
* Stockholm-Swedia : Rp. 15.721
* London-Inggris : Rp. 15.694
* Frankfurt-Jerman : Rp. 15.098
* Paris-Perancis : Rp. 15.016
* Lisbon-Portugal : Rp. 14.501
* Budapes-Hungaria : Rp. 13.390
* Dublin-Irlandia : Rp. 12.956
* Geneva-Swiss : Rp. 12.848
* Madrid -Spanyol : Rp. 12.333
* Tokyo-Jepang : Rp. 11.493
* Praha-Ceko : Rp. 11.620
* Bukares-Romania : Rp. 11.086
* Brasilia-Brasil : Rp. 8.457
* Havana-Kuba : Rp. 8.213
* Taipei-Taiwan : Rp. 7.698
* Johannesburg-Afsel : Rp. 7.101
* USA : Rp. 7.047
* Panama City-Panama : Rp 5.936
* Moscow-Rusia : Rp. 5.692
* San Juan-Puerto Rico : Rp. 4.716
* Jakarta : Rp. 4.500
* Riyadh-Arab : Rp. 2.467
* Kuwait : Rp. 2.114
* Kairo-Mesir : Rp. 1.762
* Lagos-Nigeria : Rp. 1.030
* Caracas-Venezuela : Rp.325

Dari data yang dikutip dari CNN, harga BBM di Amsterdam termasuk yang paling mahal di dunia dengan harga setara dengan Rp.17.564/liter, sementara paling murah adalah di Caracas-Venezuela yaitu setara dengan Rp. 325/liter.

Bursa Indonesia Terbaik Kedua Se-Asia Pasifik

Bursa Indonesia Terbaik Kedua se-Asia Pasifik
Penulis: Sopia Siregar

JAKARTA--MEDIA: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan 2007, membukukan peningkatan luar biasa, lebih dari 50%. Kinerja yang tinggi, membuat bursa Indonesia kembali mencatat rekor, dengan menjadi bursa terbaik kedua se-Asia Pasifik dan dibandingkan dengan bursa-bursa utama dunia.
Selain itu, meski di bawah pertumbuhan tahun 2006, yang mencapai 55,1%. Tapi size terhadap perekonomian meningkat jauh, dari 37% dari GDP menjadi sekitar 53% dari GDP, bahkan mencapai 65% dari GDP jika ditambah obligasi.
"Pertumbuhan ini, membuat pasar modal kita menjadi yang terbaik kedua di Asia Pasifik, setelah bursa Shanghai (China)," ujar Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, dalam paparan publik akhir tahun pasar modal 2007, di Jakarta, Jumat (28/12).
Tahun 2006, bursa Indonesia merupakan yang terbaik ketiga, setelah Bursa Shanghai dan bursa Shenzhen. Keduanya merupakan bursa di China, yang memang merupakan raksasa ekonomi dunia saat ini.
Pada penutupan perdagangan 2007, IHSG mengalami peningkatan 51% ke level 2.739,704 dari level 1.805,523 pada penutupan perdagangan tahun 2006. Bahkan pada 11 Desember 2007, IHSG mencapai level 2.810,962 atau level tertinggi sepanjang sejarah.
(Pia/OL-03)